22 Klub ISL Diundi, Persijap Masuk Wilayah Barat

PT Liga Indonesia (LI) akhirnya membagi 22 klub peserta Indonesia Super League (ISL) ke dua wilayah, timur dan barat. Sebelas tim berada di barat dan sisanya menghuni wilayah timur.

Persijap Jepara, satu-satunya tim asal Jateng menempati wilayah barat. Laskar Kalinyamat berada satu grup dengan Persija Jakarta, Persib Bandung, Sriwijaya FC, Semen Padang, Gresik United, Persita Tangerang,
Persik Kediri, Pelita Bandung Raya (PBR) dan Barito Putra.

Menurut CEO PT LI Joko Driyono, keputusan penempatan tim-tim tersebut berdasar pertimbangan geografis, efisien pembiayaan dan persaingan antarklub. "Tapi ini masih dalam bentuk draf dan akan kami sampaikan ke klub peserta. Untuk jadwal secara lengkap akan kami umumkan pada 8 Januari mendatang," kata Joko Driyono.

Pria yang juga sekjen PSSI ini menambahkan, pembagian tim di dua grup juga didasarkan atas posisi klasemen sebelumnya. Pihaknya sudah melakukan kalkulasi melalui metode kualitatif.

"Kami ingin tiap wilayah memiliki klub yang berkualitas biar tidak ada yang dominan. Untuk itulah penilaiannya kami ambil berdasarkan posisi klasemen musim lalu untuk klub-klub ISL, sedangkan untuk klub IPL kami samakan," terangnya.

Menurut dia, pihaknya telah mengukur skor masing-masing wilayah melalui metode tersebut. Di barat, jumlah skor tim yang dikumpulkan mencapai 84, sedangkan timur skornya adalah 87. "Dengan kondisi ini kompetisi akan menjadi seimbang," imbuhnya.

Pembagian Grup ISL Musim 2014

Wilayah Barat:
1. Arema Indonesia
2. Gresik United
3. Persija Jakarta
4. Semen Padang
5. Sriwijaya FC
6. Persita Tangerang
7. Persik Kediri
8. Persijap Jepara
9. Persib Bandung
10. Pelita Bandung Raya
11. Barito Putera

Wilayah Timur:
1. Persipura Jayapura
2. Perseru Serui
3. Mitra Kukar
4. Persisam Samarinda
5. PSM Makassar
6. Persiram Raja Ampat
7. Persiba Bantul
8. Persela Lamongan
9. Persepam Madura
10. Persebaya Surabaya
11. Persiba Balikpapan

(Arif M Iqbal/CN26) 
Share on Google Plus

About Bagoes Gunawan

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar