Anggaran Minim, Persijap Rajin Galang Dana

JEPARA– Manajemen Persijap Jepara akan berupaya mencari dana segar untuk mengarungi kompetisi Indonesia Super League (ISL) 2014. 

Sebagai upaya mencari suntikan dana, pengurus Laskar Kalinyamat akan menyebarkan proposal kepada sejumlah perusahaan. Sebenarnya sudah ada perusahaan yang siap menjadi sponsor resmi dan pembicaraan
sampai saat ini sudah berjalan sangat baik. Hanya, sponsor itu kemungkinan akan memberikan bantuan tidak dalam bentuk dana segar, melainkan membantu dalam kebutuhan tim, seperti jerseydan atribut lainnya. Manajemen sepertinya dituntut mencari tambahan dana karena anggaran yang dimiliki Persijap saat ini sangat minim, tidak sampai Rp8 miliar.

Meski diuntungkan berada di Grup Barat, Persijap Jepara tetap harus menyiapkan dana yang lumayan besar karena juga akan bermain di luar Jawa, salah satunya menghadapi klub Sriwijaya FC di Palembang. Chief Executif Officer (CEO) PT Jepara Raya Multitama (JRM) M Said Basalamah mengatakan, sebenarnya sebelum Persijap dinyatakan memenuhi syarat untuk berlaga di ISL,pihalnya sudah mengajukan sponsor ke beberapa perusahaan. Meski sudah mengajukan proposal, setelah Persijap dinyatakan lolos ISL, pihaknya akan memperbarui proposal lagi. 

“Dana dari owner ditambah pendapatan tim sekitar Rp8 miliar. Dana dari sponsor kami targetkan Rp9 miliar bisa didapat, dan dari penjualan tiket Rp1,5 miliar,” ujarnya. Atas dasar itu, pihaknya baru akan bergerak mencari sponsor mulai hari ini. Sebab, setelah dipercaya owner Johar Lin Eng untuk meneruskan jabatan CEO, Basalamah mengaku harus melakukan persiapanpersiapan pembentukan tim. Basalamah menambahkan, sponsor yang sudah 80% dipastikan akan dealadalah dengan PT Apparel. 

Meski demikian, kerja sama dengan PT Apparel kemungkinan tidak dalam pemberian dana segar, melainkan membantu jerseytim dan perlengkapan lain. Selain dari Apparel, juga sudah ada serikat pengusaha telekomunikasi yang sudah siap membantu Persijap musim ini. Kendati masih dalam tahap penjajakan, pihaknya masih berkomunikasi intensif dengan serikat pengusaha tersebut. “Terkait dengan sponsor ini, masih dilakukan pembicaraan. Sebelumnya, ada beberapa pengusaha yang siap membantu jika Persijap lolos ke ISL,” paparnya. Sembari mencari dana tambahan, Pelatih Persijap Raja Isa saat ini masih melakukan seleksi pemain. 

Seleksi diikuti pelamar dari mantan pemain Persijap musim lalu, dan mantan tim PON 2012 Jateng serta dari putra daerah. Basalamah mengatakan, sebagai persiapan tim menghadapi ISL, pihaknya berencana menggelar uji coba. Dia sudah menghubungi beberapa tim untuk uji coba di Jepara sekitar Sabtu–Minggu (25–26/1). Dirinya menegaskan, Persijap Jepara tidak ada rencana untuk uji coba segitiga bersama Persis Solo dan PSIS Semarang. 

“Yang direncanakan segitiga dengan PSCS Cilacap dan Persiba Bantul pada Minggu–Selasa (19–21/1),” ujar dia melalui akun Twitter-nya. ● arif purniawan 
Share on Google Plus

About Bagoes Gunawan

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar