PREDIKSI Persijap Jepara - Persiba Balikpapan

Poin perdana  Persiba Balikpapan ketika menahan tuan rumah Persibo Bojonegoro dengan skor 1-1 di awal kompetisi Superliga musim 2010/11, rupanya bakal menjadi motivasi besar saat melakoni laga away kedua menghadapi Persijap Jepara, Rabu (29/9) sore WIB.

Ketua Umum Persiba Syahril HM Taher, usai menyaksikan  langsung laga perdana timnya ketika menjamu Persibo, menilai penampilan  timnya cukup menjajinkan.

"Hasil imbang dari Persibo saya rasa menjadi modal motivasi pemain kami untuk menatap laga selanjutnya menghadapi Persijap Jepara," kata Syahril.

Demam panggung di partai pembuka lalu, menurut Syahril, sudah berhasil dilewati pemain Persiba.

"Penampilan kami di laga perdana harus dimaklumi karena sebagian pemain merasakan demam panggung sehingga berdampak kurang gregetnya penampilan mereka di babak pertama. Tapi selanjutnya anak-anak terbukti mampu mencuri poin. Inilah yang menjadi modal mereka menghadapi Persijap nanti," terang Syahril.

Hanya saja menghadapi Persijap, kata Syahril, timnya harus berhati-hati. Pasalnya, selain diarsiteki Junaidi, Persiba juga didukung bek A. Makhrus Bahtiar, gelandang Donny Fernando Siregar, dan striker Eki Nurhakim. Ketiga pemain itu merupakan mantan punggawa Persijap.

"Tentu sebagai pelatih Junaidi harus memahami kondisi ini. Artinya kami harus mewaspadai psywar Persijap bersama para suporternya. Karena tidak menutup kemungkinan, jika pemain-pemain eks Persijap tersebut diturunkan dapat mempengaruhi psikologis mereka yang berdampak pada penampilan tim di lapangan," bebernya.

Karena itu, syahril berharap agar Bang Jun, sapaan akrab Junaidi, mau benar-benar memperhitungkan hal tersebut.

"Ya, saya rasa wajar jika menurunkan pemain tersebut harus dengan pertimbangan yang matang, tapi kami tidak khawatir karena mereka adalah pemain profesional. Jika harus dirotasi sekalipun, semua pemain kami siap dengan kualitas yang sepadan," beber Syahril.

Syahril berharap Persiba benar-benar dapat merealisasikan untuk mencuri poin. Alasan Syahril, selain timnya sedang kondusif, Persijap tengah mengalami tekanan akibat kekalahan perdana di awal musim dari PSM Makassar.

"Hal tersebut tentunya menjadi beban Persijap, karena itu Persiba harus mampu memanfaatkannya dengan sebaik mungkin."

Jika melihat catatan pertemuan kedua tim ketika harus bertandang ke markas Persijap, tim Beruang Madu kerap menelan kekalahan dengan skor yang cukup telak. Pada  kompetisi Superliga musim 2008/09, Persiba harus pulang dengan tertunduk lesu usai takluk dengan skor telak 5-1, kekalahan yang sama juga dirasakan Mijo Dadic dan kawan-kawan pada putaran kedua musim lalu.  Di Gelora Bumi Kartini,  Persiba kembali takluk dari Persijap kali ini dengan skor 3-0. Sedangkan Persiba sendiri dalam dua kali pertemuan terakhir di kandangnya hanya menang tipis 1-0 dari Persijap.

Kemenangan besar Persijap sendiri di dua musim tersebut, memang tidak terlepas dari kepiawaian pelatih Junaidi kala itu. Pada Superliga edisi ketiga ini, tantangan berat justru sedang dialami pelatih Junaidi yang harus balik kandang untuk meredam mantan timnya Persijap.

"Kami profesional, sekalipun ada beberapa pemain kami dari Persijap itu tidak akan berpengaruh buat penampilan mereka. Kami datang kemarin tentunya tidak ingin kalah bagaimana pun raihan poin dari Persijap menjadi target utama kami," tandas Bang Jun.

Kubu kedua tim memang tidak jauh beda. Di satu sisi, Persiba yang diperkuat tiga mantan penggawa Persijap, di kubu tim berjuluk Laskar Kalinyamat ini pun juga ada beberapa nama mantan penggawa Persiba, sebut saja libero mereka Ferly La’ala, Anam Syahrul, belum lagi dua nama lainnya, Anggo Julian dan bomber Gendut Dony.

"Ini memang laga yang akan berlangsung cukup menarik, tapi Junaidi beruntung karena tentunya ia cukup tahu bagaimana karakter permainan Persijap karena dia dua musim di sana," tandas Syahril optimis. (gk-24)

Prakiraan Susunan Pemain:

Persijap (4-4-2): 82-Danang Wihatmoko (g), 29-Catur Rintang, 4-Evaldo Silva de Assis, 24-Anam Syahrul, 44-Ferly La’ala, 8-Khanif Muhajirin, 7-Enjang Rohiman, 77-Danan Puspito, 16 Risky N, 19-Johan Juansyah, 9-Gustavo Beirao Riberio

Pelatih: Alves Divaldo Da Silva Teixiera

Persiba (4-4-3): 15-I Made Wirawan,  26- Rusdiansyah, 20- Mijo Dadic, 28-Muhammadan, 88-Kim Young Hee, 9-Robertino Pugliara, 27-Donny Siregar, 6-Asri Akbar, 71-Dwi joko, 17-Aldo Barrero, 22- Sultan Samma.

Pelatih: Junaidi

Prediksi Redaksi GOAL.com Indonesia:
Persijap Jepara 2-1 Persiba Balikpapan


Share on Google Plus

About Bagoes Gunawan

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar