Lima Pilar Persijap Terancam Akumulasi Kartu


JEPARA– Ancaman kehilangan pemain pilar menghadang Persijap di depan mata. Dari dua laga yang telah dimainkan, pasukan Persijap telah mengantongi lima kartu kuning.


Itu artinya,sekali lagi mereka mendapat kartu kuning di partai melawan Persibo Bojonegoro pada 8 Januari 2012 mendatang,sudah dipastikan Persijap akan kehilangan pemain utama di laga berikutnya. Saat bermain di Bontang pada laga perdana,wasit mengeluarkan tiga kartu kuning untuk pemain Persijap,masingmasing Jose Sebastian,Kim Sang-duk,dan Made Wirahadi.Sementara dua kartu kuning lainnya dikantongi kapten tim Anam Syahrul dan Diva Tarkas saat bentrok melawan Persema,18 Desember lalu.

Menurut Asisten Pelatih Anjar Jambore Widodo,sebenarnya lima kartu kuning tersebut tidak perlu ada.Dengan catatan, pemain bisa mengendalikan emosi. Pelanggaran-pelanggaran tersebut terjadi saat kondisi tidak terlalu membahayakan tim. ”Kami sudah melakukan evaluasi seusai laga pertama di Bontang lalu.Salah satunya adalah pemain harus bisa mengendalikan emosi agar tidak ada kartu kuning yang sebenarnya tidak perlu.Namun,pada laga kedua melawan Persema,situasi seperti di Bontang kembali muncul,”jelas Anjar. Dengan situasi seperti ini,tim pelatih dituntut untuk kembali memutar otak jika ada pemain yang terkena akumulasi kartu.

Misalnya Jose Sebastian yang memiliki peran sangat vital di lapangan tengah. Apabila pemain berkebangsaan Argentina ini absen,tim pelatih harus mencari pemain pelapis yang mampu menggantikan peran Jose.Rumitnya,kualitas pemain pelapis belum seluruhnya sesuai harapan. ”Meski demikian,kami tidak lantas menyalahkan pemain.Sebab,situasi di dalam lapangan terkadang memang sulit terkendali.Kami hanya berharap di partai selanjutnya tidak ada lagi pelanggaranpelanggaran yang tidak perlu,”ujar dia.

Untuk lini belakang,harapan muncul setelah Catur Rintang dinyatakan siap bertanding.Pemain asli Jepara ini absen di laga perdana melawan Bontang FC,sedangkan ketika Persijap menjamu Persema,nama Catur Rintang sudah masuk di daftar susunan pemain,meskipun dia tidak diturunkan pada laga yang berakhir imbang 1-1 tersebut. ”Pelatih hanya mencantumkan pemain yang siap tempur di daftar line up.Itu artinya,kondisi Catur sudah tidak perlu dirisaukan lagi.Dia bisa dimaksimalkan untuk menambah kokohnya benteng pertahanan Persijap,”imbuhnya.

Anjar menginginkan Anam Syarul dkk bisa tampil lebih baik di laga ketiga nanti. Durasi libur kompetisi yang mencapai dua pekan lebih ini akan dimanfaatkan sebaikbaiknya untuk berbenah.Dua laga yang telah dijalani Persijap akan menjadi acuan melakukan evaluasi. Setelah mendapat jatah libur usai pertandingan melawan Persema,sore ini Laskar Kalinyamat kembali melakukan latihan. sundoyo hardi 

Share on Google Plus

About Bagoes Gunawan

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar