PERSIJAP VS PERSEBAYA- Andik Vermansyah Cedera


SURABAYA– Kerikil kembali  menghadang langkah Persebaya Surabaya  jelang laga melawan Persijap Jepara di  Stadion Bumi Kartini,Senin (6/2).

Setelah  kehilangan bek sayap Mat Halil,giliran  kondisi Andik Vermansyah diragukan.  Dalam latihan pagi kemarin,Andik  tidak ikut dalam sesi latihan gamebersama  pemain lain.Bintang timnas Indonesia di  ajang SEA Games 2011 itu hanya berlarilari  kecil di tepi lapangan bersama Ryan  Wahyu.“Sedikit nyeri di lutut kiri agak  terasa sakit jika dibuat
tumpuan.Mudahmudahan  sudah bisa normal sebelum  pertandingan nanti,”kata Andik kepada  wartawan.

Belum diketahui pasti penyebab rasa  nyeri di lutut Andik Vermansyah.  Sebelumnya,tidak ada benturan saat laga  terakhir melawan Persiba Bantul ataupun  dalam sesi latihan.“Tidak tahu kenapa,  mungkin hanya butuh diistirahatkan.  Mungkin gara-gara sering tambah porsi  latihan sendiri,”ujar Andik,yang mengaku  sering berlari menaiki tangga rumah  maupun tribune stadion ini.  Meski masih dalam kondisi tidak siap  tempur,Andik tetap akan diboyong ke  Jepara bersama 17 pemain lain.  Rencananya,Erol Iba dkk akan bertolak  dari Surabaya menuju Jepara,pagi ini.  

“Tidak ada masalah dengan Andik,  kelihatannya hanya cedera ringan.Jadi,  tetap akan kami bawa ke Jepara,”ujar  Pelatih Persebaya Divaldo Alves.  Wajar jika Divaldo tidak berani  menanggung risiko dengan meninggalkan  Andik di Surabaya.Selain membutuhkan  poin penuh sebagai penebus dosa setelah  kalah di kandang sendiri dari Persiba  Bantul,stok di lini depan juga sangat  terbatas.Selain Andik,Persebaya hanya  bisa mengandalkan Andrew Barisic dan  Feri Ariawan sebagai penyerang.  

Masalahnya,penampilan Barisic juga  masih belum konsisten.Setelah berhasil  melepas kemandulan dengan mencetak  dua gol saat menghadapi Persija Jakarta,  pemain asal Australia itu justru melempem  ketika melawan Persiba Bantul.  Namun,Divaldo membantah jika  dikatakan bakal memaksa Andik tampil  menghadapi Persijap nanti.Menurut pria  asal Portugal itu,dia tidak akan  menurunkan pemain kalau memang tidak  dalam kondisi siap.“Kami akan  mengutamakan pemain yang paling siap,  ini berlaku untuk semua pemain.Meski  tenaga Andik sangat kami butuhkan,kalau  dia tidak sanggup,tidak akan kami  paksakan,”ujarnya.  

Sementara itu,Mat Halil sudah hampir  dipastikan absen dalam laga melawan  Persijap.Dalam latihan kemarin,pemain  bernomor punggung 2 itu sama sekali tidak  menampakkan diri.“Untuk Halil,  kemungkinan besar dia tidak akan kami  bawa ke Jepara karena luka jahitannya  masih belum kering,”ujar Divaldo.  Sebagai gantinya,Divaldo sudah  menyiapkan alternatif pengganti posisi  Halil di sektor bek sayap kanan.Dalam sesi  game,beberapa pemain sudah dicoba,  termasuk pemain muda Yusuf Hamzah  untuk bertandem dengan bek kiri yang  merangkap kapten tim Persebaya Erol Iba.  

Sayangnya,peluang Yusuf untuk menjalani  debut perdana di ajang IPL cukup kecil  karena penampilannya masih jauh dari  harapan.  Dari pengamatan Divaldo,meski hanya  latihan penampilan Yusuf masih banyak  kelemahan,terutama kurang tenang dalam  menjaga lawan.Selain itu,kerap melakukan  pelanggaran yang bisa berujung pada  kartu kuning.“Saat menjaga lawan dia  masih tampak gugup,akhirnya melakukan  pelanggaran yang semestinya tidak perlu.  Kalau saat menyerang,dia sudah cukup  baik,”ujarnya.  

Bisa jadi jika Persebaya nekat  menurunkan Yusuf,risiko tinggi bakal  dihadapi.Apalagi,Persijap memiliki  striker yang memiliki kualitas individu  cukup mumpuni seperti Julio Lopez.  ● rachmad tomy 
Share on Google Plus

About Bagoes Gunawan

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar