Preview: Persijap Tak Berlebihan Jaga Andik Vermansah













Jepara-Persijap bersiap menjamu tim kuat Persebaya dalam laga kandang Indonesian Premier League (IPL) di Stadion Gelora Bumi Kartini, Jepara, Senin (6/2) malam. Kekuatan kedua tim bisa dikata njomplang, Persebaya berada di peringkat enam sementara Persijap belum beranjak dari posisi juru kunci klasemen sementara.

Pelatih Persijap Agus Yuwono mengatakan secara teknik dan fisik timnya sudah tidak ada
masalah. "Sekarang tinggal kesiapan mental saja," cetus Agus, Jumat (3/2). Meski yang dihadapi Persebaya, tim yang punya sejarah panjang di kompetisi perserikatan, Agus yakin Anam Sahrul dan kawan-kawan mampu memenangkan pertandingan sekaligus mendulang tiga poin tambahan.

"Asal pertandingannya 'normal', saya yakin anak-anak bisa menang. Apalagi kami main di kandang," lanjut mantan pelatih Persik dan Persidafon Dafonsoro itu tanpa menjelaskan apa yang dia maksud dengan 'normal'. Agus hanya memaparkan Persijap punya pengalaman buruk di empat pertandingan sebelumnya, masing-masing melawan Bontang FC, Persema, Persiraja serta Persibo. "Kami seharusnya dapat minimal sembilan poin dari sana," cetusnya.

Tanpa diperkuat Diva Tarkas yang terkena akumulusi kartu kuning, Agus tetap optimistis kemenangan kandang bisa diraih. Itu merujuk progress permainan Laskar Kalinyamat yang menggembirakan. "Sisa waktu dua hari akan kami gunakan untuk conditioning dan pematangan strategi," katanya lagi. Agus belum bisa memastikan bakal menurunkan berapa penyerang dalam pertandingan nanti.

Diakuinya, tuan rumah lazim memasang tiga striker sekaligus guna memaksimalkan peluang mencetak gol, sementara tim tamu biasanya cenderung bertahan. "Belum tahu, bisa saja kami nanti turun dengan tiga striker, dua, atau mungkin empat sekaligus. Semuanya baru diputuskan pada H-1 nanti," imbuh pria asal Malang itu. Noorhadi, Julio Lopez, serta I Made Wirahadi adalah trio penyerang yang biasa diturunkan Persijap.

Menyinggung kekuatan calon lawannya, Agus menyebut Persebaya merupakan tim yang solid karena diperkuat 80 persen pemain lawam. Sebut saja Mat Halil, Taufiq, kiper Endra Prasetya, serta gelandang timnas Andik Vermansah. "Itu yang membuat mereka solid," ujarnya. Khusus Andik, dia mengakui pemain mungil itu punya kualitas di atas rata-rata. Karena itu Persijap akan mengawasinya. "Jelas kita awasi, tapi tidak terlalu ekstrem. Andik pemain bagus," tegasnya.

Cedera Lutut Kiri

Dari kubu Persebaya, bek senior Mat Halil dipastikan tidak bisa tampil lawan Persijap karena mengalami cedera kaki kiri. Posisi yang ditinggalkan Halil kemungkinan diisi Yusuf Hamzah, sedangkan kapten Erol Iba diplot sebagai bek kiri. Selain Mat Halil, kubu Bajul Ijo juga dipusingkan dengan kondisi Andik Vermansah yang mengalami masalah di lutut kirinya.

Pada sesi latihan Jumat (3/2) pagi, Andik dan Rian Wahyu hanya berada di pinggir lapangan. "Sedikit sakit kalau buat tumpuan, Mas," ucap Andik sambil menunjuk lutut kirinya. Andik menduga, rasa nyeri itu didapat karena ia terlalu sering menambah porsi latihan. Di waktu senggang Andik kerap berlatih naik turun tangga yang kadang ia lakukan di stadion dan di rumah.

Walau begitu pelatih Persebaya Divaldo Alves memastikan Andik tetap dibawa ke Jepara. "Dia hanya sedikit sakit, tapi bisa ikut kok," terang pria Portugal itu. Yang melegakan, sebagai mantan pelatih Persijap, Divaldo mengaku sudah tahu kekuatan maupun kelemahan lawan yang akan dihadapi Erol Iba dan kawan-kawan.

Ia lalu merinci nama-nama pemain Persijap seperti Nurul Huda, Danan Puspito, kiper M Yasir, I  Made Wirahadi dan Noor Hadi. "Noor Hadi, dia pemain yang punya kecepatan. Dia bagus untuk dimasukkan di babak kedua," tuturnya.  Selain itu Persijap juga diperkuat pemain asing berpengalaman dan memiliki jam terbang tinggi di Liga Indonesia, seperti Julio Lopez, Jose Sebastian, Banaken Bossoken, dan  gelandang asal Korsel Kim Sang Duk.

Divaldo mengaku sudah mendapatkan video rekaman pertandingan Persijap kontra Persema. Di laga itu, Persijap harus puas dengan hasil imbang 1-1. "Ya, videonya sudah ada. Hari ini tim pelatih akan lihat untuk menganalisis kekuatan mereka," katanya lagi. (Sumarlin)
Share on Google Plus

About Bagoes Gunawan

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar